BIC Festival 2020 Sebagai Salah Satu Event Game Asia

BIC Festival 2020 Sebagai Salah Satu Event Game Asia

BIC Festival merupakan salah satu festival game bergenre indie yang berhasil menjadi event game terbesar di kawasan Korea. Event ini telah diadakan sejak tahun 2015 lalu sehingga pelaksanaannya pada tahun 2020 merupakan event ke-enam yang akan dislenggarakan. Melalui acara ini dapat ditemukan berbagai macam game lokal serta membantunya dalam rangka pengenalan dan pemasaran terhadap dunia luar sehingga semakin besar kemungkinan game yang tergabung atau terdaftar dalam event ini akan semakin populer dan banyak dikenal. Selain itu, event ini juga berupaya untuk merevitalisasi beberapa indistri game dari negara berkembang agar lebih produktif atau meningkatkan produktifitasnya. Bahkan, setelah terslenggaranya festival ini juga kerap dinilai mampu menyeimbangan berbagai macam ketimpangan yang muncul pada dunia atau industri game yang pada umumnya hanya didominasi oleh pihak industri terkemuka atau ternama. Dengan demikian, penting untuk kita ketahui mengenai informasi lebih lanjut tentang  BIC Festival sebagai salah satu event game Asia, berikut di bawah ini ialah ulasannya

Fakta Tentang BIC Festival Sebagai Event Game Asia

BIC Festival 2020 Sebagai Salah Satu Event Game Asia

  1. BIC Festival mampu meraih prestasi sampai pada saat ini setelah melalui pejuangan panjang sejak tahun 2015 lalu sehingga pada awalnya segala macam usaha untuk menangangani permasalahan dalam dunia game telah dilakukan.
  2. Dilaksanakan atau digelar di berbagai kawasan negara-negara Asia secara bergilir tiap tahunnya.
  3. Sebagai salah satu event terbesar di kawasan Asia yang mampu mengembangkan dan menampung berbagai permasalahan seputar game, khususnya game indie.
  4. BIC Festival 2020 akan diselenggarakan secara online atau daring sebagai akibat dari adanya covid-19 agar agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini. Adapun pelaksanaan acara ini direncanakan pada tanggal 19 Oktober – 25 Oktober 2020.

Itulah ke-empat fakta mengenai penyelenggaran acara BIC sebagai salah satu event game Asia terbesar. Sebagai upaya untuk memajukan dan menyukseskan acara tersebut, pihak penyelenggara membentuk kepanitiaan dan organisasi di dalamnya agar segala sesuatu dan persiapan yang dibutuhkan lebih mudah terorganisir secara berkala. Hal ini akan mempermudah terslenggaranya acara sampai pada hari H nanti karena adanya berbagai macam divisi dengan tugasnya masing-masing sehingga perkembangan atau progress acara dapat dikondisikan dan tetap dipantau secara berkala. Organisasi yang ada di dalamnya memiliki rencana untuk membangun dan mengembangkan komunikasi secara maksimal antara devisi dengan fokus utama pada tujuan inti terlaksananya acara tersebut.

Pameran devisi umum pada Festival BIC dimulai sejak tanggal 10 Juni sampai dengan 30 Juni lalu. Pada 10 Juni 2020, Busan Metropolitan City  atau Pejabat Walikota Busan, Sung-Wan Byeon beserta Presiden CEO Industri TI Busan, In Sook Le dan Ketua Eksekutif, Tae- Geon So telah mengumumkan bahwa acara BIC 2020 akan menerima aplikasi game sebagai bahan pameran devisi umum. Pihak Korea telah juga telah memutuskan bahwa acara global yang akan terlaksana pada Oktober 2020 ini bertempatan di Korea sebagai tuan Rumah dengan fokus utama keselamatan sehingga tidak hanya keputusan pameran devisi umum, melainkan konferensi dan semua acara bagian dari festival ini akan tetap diadakan secara online. Selain itu, keputusan mengenai pencarian dukungan praktis oleh Industri IT  juga telah ditetapkan guna menyukseskan terslenggaranya acara ini.

Berdasarkan keputusan yang telah ditetapkan memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun keberadaanya tetap menjadi incaran dan harapan banyak orang yang ingin mengembangkan gamenya. Maka, pelaksanaannya secara online pada dasarnya tidak akan menghambat berbagai bentuk acara yang ada di dalamnya mengingat perencanaan dan persiapannya juga tetap dilakukan secara matang.

Festival pada tahun iki kerap disebut sebagai BIC Festival 2020-Untact atau Kontak Langsung. Mengingat pelaksanaanya pada tanggal 19-25 Oktober nanti digelar secara online, maka terdapat beberapa rencana yang telah tersusun. Berikut iakah beberapa diantaranya:

Rencana Pelaksanaan Event BIC Festival 2020

event game asia

  1. Pelaksanaan acara ini akan memiliki fokus utama sebagai event sekaligus organisasi yang mampu memberikan atau menuangkan euforia event layaknya event offline ke dalam sebuah event online guna menghambat penyebaran mata rantai virus Covid-19.
  2. Merencanakan untuk mengembangkan jaringan komunikasi secara real time yang kuat, baik itu dari pihak pengembang ataupun pihak pengunjung. Adanya komunikasi yang baik pada saat ini menjadi kunci utama terlaksananya acara online secara maksimal mengingat berbagai macam persiapan akan dilakuman melalui komunikasi online juga.
  3. Berbagai bentuk usaha difokuskan pada tujuan utama sebagai umpan balik terhadap kepemimpinannya mengenai perluasan game indie dalam menghadapi berbagai bentuk tantangan dan hambatan yang ada.

Itulah sedikit ulasan dan informasi mengenai event game asia yang akan dilaksanakan srcara online beberapa bulan kedepan. Jika Anda memiliki usaha atau bidang dalam pengembangan game indie, maka jangan ragu lagi untuk gabung dalam acara ini karena nantinya berbagai macam informasi dan pelajaran baru akan Anda peroleh. Selain itu, bagi anda yang tertarik dengan dunia game juga jangan sungkan untuk mengikuti acara ini, mengingat acaranya dikakukan srcara online jadi Anda tidak perlu repot-repot berkunjung ke Korea layaknya acara offline pada umumnya. Cukup dengan mengakses layanan situs data sgp, anda sudah bisa mengikuti sebuah pertandingan bergengsi ini dan berpeluang mendapatkan hadiah langsung uang tunai jutaan rupiah.

Author Image
Michelle Gibson